CARI RUMAH HOME SEARCH

Jual Sewa Property Cikarang Jababeka Bekasi

Hemat dalam renovasi rumah

Rumah bukan lagi sekedar tempat tinggal, tapi lebih dari itu: ada nilai filosofi, seni, trend dan juga gengsi. Untuk itu desain arsitektur kita butuhkan untuk mewujudkan rumah tinggal idaman kita tersebut. Hanya saja, seringkali kita memiliki kendala pada budget yang terbatas. Untuk itu, kita harus mampu melakukan penghematan biaya renovasi arsitektur.  Berikut beberapa tips untuk menghemat renovasi arsitektur rumah kita, baik penghematan dalam hal biaya renovasi maupun penggunaannya setelah renovasi selesai:

  1. Untuk menghemat biaya perombakan ketika renovasi berlangsung di lapangan, sebaiknya didesain atau digambar dahulu desain arsitektur yang kita ingin wujudkan. Merombak di lapangan jauh lebih banyak menelan biaya dibandingkan merevisi gambar. Selain itu dengan melihat gambar arsitektur yang kita idamkan terlebih dahulu akan memunculkan ide-ide untuk penyempurnaan gambar, sebab kita dapat melihat dahulu hasil renovasi sebelum renovasi dimulai di lapangan.
  1. Susunlah Rencana Anggaran Biaya (RAB) pelaksanaan renovasi arsitektur rumah kita dengan detail dan jelas terurai. Dalam RAB dapat kita susun penggunaan bahan dan material dengan pilihan berbagai tipe dan merk  yang dapat disesuaikan dengan budget kita. Jika budget kita tidak banyak, maka pengetahuan tentang material yang murah namun cukup memenuhi standar kita sangat diperlukan, atau kita dapat konsultasikan dengan ahlinya.  RAB sangat dibutuhkan agar tidak terjadi pembiayaan membengkak yang melebihi budget kita ketika pelaksanaan konstruksi berjalan.  Dengan penyusunan yang matang, kesesuaian RAB dan gambar akan sangat menghemat biaya pelaksanaan renovasi.
  1. Diskusikan dengan matang bersama keluarga mengenai jangka waktu penggunaan rumah kita setelah renovasi.  Jika suatu saat nanti akan dibongkar kembali, maka gunakanlah material yang cukup standar, tidak usah yang terlalu kuat dan mahal.  Sebaliknya jika penggunaannya untuk jangka waktu lama atau selama-lamanya, maka gunakanlah material yang di atas standar, kokoh, kuat dan bagus yang tentu harganya sedikit agak mahal.  Jika budget belum memenuhi, maka sebaiknya bersabar dahulu menabung hingga budget kita mencukupi RAB yang telah kita susun.  Atau kita dapat segera mewujudkannya melalui fasilitas KPR Renovasi yang ditawarkan beberapa bank saat ini.   Jika pemakaian rumah setelah renovasi untuk jangka waktu lama, namun budget kita minim, yang terjadi renovasi dua kali yang akan menelan biaya jauh lebih mahal, sebab renovasi dengan budget yang murah tentu tidak akan sekokoh dan setahan lama renovasi dengan budget yang sedikit lebih mahal.
  1. Untuk penghematan biaya pemeliharaan setelah renovasi, buatlah agar desain arsitektur rumah kita menggunakan bukaan yang cukup banyak. Selain untuk menghemat pencahayaan, juga untuk meningkatkan kesehatan dengan sirkulasi cahaya matahari dan udara yang sehat. Ruangan yang lembab dan tidak sehat baik dari segi pencahayaan maupun sirkulasi udara menyebabkan pemborosan energi cahaya listrik, renovasi berulangkali, bahkan semangat yang menurun bagi penghuninya.

Beberapa tips hemat tersebut membutuhkan pengetahuan kita dalam hal renovasi dan desain bangunan. Jika kita tidak memiliki waktu dan pengetahuan yang banyak tentang renovasi arsitektur rumah, sebaiknya kita menggunakan jasa konsultan dan kontraktor arsitektur ahli yang cocok dan  sesuai dengan keinginan kita sekeluarga. Nah, selamat mencoba tips hemat renovasi arsitektur rumah yang telah diuraikan, semoga berhasil menghemat keuangan kita, dan rumah idaman kita pun dapat terwujud

Single Post Navigation

Komentar ditutup.